Jumat, 04 Maret 2011

misteri malam jumat kliwon

Misteri dan Ritual Malam Jumat Kliwon

Karta Raharja Ucu |

Sabtu, 19/02/2011 08:15 WIB
Jakarta - Malam Jumat Kliwon sebut-sebut sebagai malam angker karena dipercaya pada malam itu berbagai jenis setan bergentayangan. Selain malam Jumat Kliwon, malam Selasa Kliwon juga dipercaya sebagai malam sakral. Namun apa yang melatarbelakangi mitos yang terbentuk di masyarakat Indonesia itu.

Menurut pandangan masyarakat Suku Jawa, khususnya Yogyakarta, keramatnya malam-malam tersebut erat kaitannya dengan puasa selama 40 hari yang dilakukan masyarakat Jawa.yang puncak puasanya terjadi pada Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon. Sehingga, banyak yang melakukan ritual saat malam Selasa atau Jumat Kliwon.

Ritual yang dilaksanakan pada Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon adalah ritual di Sela Sengker kawasan Cepuri dan Pantai Parangkusmo. Ketika menjalankan ritual, masyarakat setempat percaya ada tiga makhluk halus yang menemani, yaitu Mbok Rara Kidul sebagai pembantu Ratu Kidul, Mbok Nyi Roro Kidul merupakan Wakil Ratu Kidul dan Gusti Kanjeng Ratu Kidul, sebagai penguasa laut selatan.

Namun, dari perspektif Agama Islam, malam Jumat Kliwon atau Malam Jumat lain merupakan malam yang diberkahi dan penuh barokah. Seperti yang disabdakan Rasulullah SAW dari riwayat Abdullah bin Amr bin Ash, "Barangsiapa meninggal di Hari Jumat atau Malam Jumat, dia dibebaskan dari siksa kubur." (HR. Ahmad).

Selain itu, pada Jumat, adalah hari dimana semua doa diijabah oleh Allah SWT. Apalagi laki-laki kaum muslim setiap Jumat melaksanakan Shalat Jumat. (krt/fjr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar